Thursday, September 4, 2008

ini tugas pertama dari mata kuliah jurnalistik,,

Jurnalistik adalah salah satu bidang pekerjaan yang terdapat di dunia media massa. Jurnalistik berfokus terhadap penyampaian informasi atau berita terhadap khalayak umum. Jurnalistik akan mempublikasikan beritanya apabila itu berkaitan dengan kepentingan masyarakat luas.

Dalam penulisan berita kita harus mencantumkan apa beritanya, siapa sumbernya, kapan kejadian itu berlangsung, dimana lokasi dari kejadian itu, mengapa hal itu bisa terjadi dan bagaimana bisa terjadi. Itu semua adalah syarat utama dalam menulis informasi yang sesuai dengan ajaran jurnalistik itu sendiri.

Jurnalistik menyampaikan beritanya melalui media massa seperti radio pada jaman kemerdekaan jepang ini radio sangat membantu menyebarkan berita bahwa Jepang telah menyerah terhadap sekutu. Televisi saat ini sudah menggeser popularitas radio karena masyarakat lebih senang mendapatkan berita dengan kejadian langsungnya bukan hanya berita itu sendiri. Sekarang ini anak muda sedang digandrungi dengan kecanggihan internet mereka tidak lagi menyukai koran atau pun televisi karena dengan internet kita bisa mendapatkan lebih dari apa yang kita cari.

Jurnalis adalah seseorang yang mencari, mengolah dan menyebarluaskan berita atau informasi untuk banyak orang atau seseorang yang melakukan kegiatan jurnalistik. Biasanya seorang jurnalis ini bekerja sama dengan media seperti koran, televisi, radio dan majalah. Seorang juranalis memiliki tanggung jawab terhadap pekerjaannya karena sebagai seorang jurnalis mereka tetap memiliki aturan-aturan yang tidak boleh dilanggar.
Seperti yang saya ketahui dari kuliah semester sebelumnya bahwa ada kode etik jurnalistik dalam setiap pembuatan informasi itu sendiri. Ada juga lembaga yang mengawasi mereka dengan teliti seperti dewan pers dan anggota-anggotanya.

Hal ini membuktikan bahwa jurnalis tidak hanya meyebarkan berita tanpa ada pertanggungjawaban terhadap berita yang mereka publikasikan.
Sedangkan blogger adalah seseorang yang menggunakan blog sebagai alat penyampaian berita atau informasi kepada masyarakat. Blog adalah salah satu wujud kecanggihan internet terbukti semua informasi bisa dibagikan secara gratis hanya dengan membuka blog seseorang. Biasanya seorang blogger menuliskan informasi beserta foto-foto dokumentasinya di dalam blognya karena dia tidak mau terikat oleh suatu lembaga formal seperti penulis di majalah, koran ataupun televisi.

Waktu yang dimiliki oleh blogger ini juga bisa disesuaikan dengan kesibukannya. Tidak ada deadline yang membuatnya kerja di dalam tekanan seperti yang terjadi pada para jurnalis.
Di dalam blog juga belum ada peraturan yang jelas terhadap isi blog itu sendiri, apapun boleh kita tayangkan dan kita katakan. Dalam blog ini sangat bebas dalam menumpahkan isi hati ataupun opini terhadap suatu permasalahan yang sedang kita bahas.






No comments: