Wednesday, November 5, 2008

opini tentang Andy F. Noya

Dalam acara Kick Andy di Metro TV beberapa bulan yang lalu Andy F.Noya yang berperan sebagai pembawa acara memiliki kesempatan untuk bertemu dan berbincang langsung dengan salah satu penulis novel terkenal di Indonesia yaitu Andre Hirata.
Menurut saya Andy adalah salah satu pembawa acara terbaik karena dia telah memiliki hampir semua kriteria yang diperlukan untuk menjadi seorang interviewer. Pembawaannya yang terlihat serius namun santai menjadi ciri khasnya sebagai pembawa acara yang menyenangkan. Wawasan yang dimilikinya sangat luas terlihat pada saat pemberian pertanyaan ke setiap bintang tamu yang hadir di acaranya. Mental yang dimiliki Andy telah matang karena memang pengalamannya dalam bidang ini sudah tidak perlu diragukan lagi.
Pertanyaan yang diberikan oleh Andy ke Andrea hampir semuanya pertanyaan yang terbuka dengan begitu para penonton mendapatkan informasi yang sangat banyak tentang isi dan alur cerita novel Laskar Pelangi. Pertanyaan tertutup terkadang dilemparkannya untuk menjadi selingan dari pertanyaan terbukanya. Menyudutkan bukanlah suatu kebiasaan Andy dalam mewawancarai bintang tamunya namun yang dia lakukan adalah menggiring bintang tamunya untuk menjelaskan hal-hal yang sebenarnya menyudutkan mereka.
Andy juga sering mendapatkan ide pertanyaan yang dapat membuat penonton terkesan dan acaranya menjadi tidak membosankan. Ini adalah trik yang baik untuk acara monoton seperti ini agar penonton tidak merasa jenuh dengan acaranya. Pembahasan dibuat semenarik mungkin dengan memperlihatkan kedekatan antara Andy dengan bintang tamunya. Sebagai pembawa acara Andy sangat pandai menggiring emosi penontonnya sampai mereka terkadang menangis mendengar cerita atau mereka bisa tertawa terbahak-bahak mendengar celetukan Andy untuk narasumbernya itu.
Kritik yang sering diajukan kepada Andy adalah tentang cara berpakaiannya. Memang cara berpakaian Andy ini cukup unik karena lengan kemejanya selalu di gulung sampai sikut. Tapi saya melihat ini bukan hal yang terlalu penting karena Andy tetap terlihat rapih dan sopan dengan pakaiannya. Setahu saya acara Kick Andy ini bukan acara yang formal jadi selama model pakaiannya sopan dan masih enak dilihat itu tidak akan menjadi masalah. Bintang tamu Andy pun menggunakan baju santai namun sopan apabila mereka menghadiri acara ini.

No comments: